Busway Layang Seksi Kebayoran Lama Rampung, Ini Bentuknya


Busway Layang Seksi Kebayoran Lama Rampung, Ini Bentuknya

Jakarta – Proyek pengerjaan jalan layang yang menghubungkan Ciledug hingga Tendean pada paket Kebayoran Lama telah rampung dikerjakan.

Paket sepanjang 1,3 kilometer (km) yang dikerjakan oleh PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP) itu, telah selesai dikerjakan pada Januari lalu. Bahkan sudah dilakukan proses serah terima kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Sudah PHO (Provisional Hand Over/panitia serah terima pekerjaan), jadi sudah proses serah terima. Jadi proyek itu sudah selesai 100% di Januari kemarin,” ungkap Corporate Secretary PTPP, Agus Samuel Kana, kepada detikFinance, Jakarta, Rabu (8/2/2017).

Agus mengatakan, proyek yang memakan dana sekitar Rp 270 miliar ini tinggal menunggu untuk dioperasikan.

Busway Layang Seksi Kebayoran Lama Rampung, Ini PenampakannyaFoto: Dok.PTPP

“Kalau semua persyaratannya semua sudah oke, dilaporkan tidak ada kendala termasuk traffic, kemudian shelter-shelter (halte), juga tanda-tanda di setiap jalan sudah dipasang, saya rasa enggak lama sudah bisa difungsikan,” ungkap Agus.

Paket yang dikerjakan oleh PTPP ini merupakan salah satu dari delapan paket pengerjaan jalan layang non tol untuk bus TransJakarta dengan rute Ciledug – Blok M – Tendean sepanjang 9,3 km.

Busway Layang Seksi Kebayoran Lama Rampung, Ini PenampakannyaFoto: Dok.PTPP

Jalan layang yang terbentang dari Ciledug-Blok M-Tendean sepanjang 9,3 km ini merupakan jalan layang terpanjang di Jakarta. Jalan layang non tol ini khusus hanya untuk Trans Jakarta koridor XIII.

Dengan rampungnya pengerjaan paket Kebayoran Lama, diharapkan jalan layang non tol yang khusus untuk TransJakarta ini akan segera dibuka pada akhir Februari mendatang, bersamaan dengan rampungnya pengerjaan paket yang lain.

Busway Layang Seksi Kebayoran Lama Rampung, Ini PenampakannyaFoto: Dok.PTPP

Secara total, pembangunan Jalan Layang sepanjang 9,3 km tersebut menghabiskan Rp 2,5 triliun. Pembangunan jalan tersebut dikerjakan oleh 8 kontraktor berbeda di 8 titik berbeda, proyek ini diadakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Adapun delapan paket tersebut adalah paket Tendean (1.000 meter) dikerjakan PT Adhi Karya Tbk, paket Santa (1.250 meter) oleh PT Yasa Patrisia Perkasa, paket Trunojoyo (1.375 meter) dikerjakan PT Jaya Kontruksi, paket Taman Puring (1.200 meter) dikerjakan PT Hutama Karya, paket Kemayoran Lama (1.300 meter) dikerjakan PT Pembangunan Perumahan Tbk, Paket Kostrad (1.400 meter) dikerjakan PT Istaka Karya CO bersama dengan PT Agra Budi, Paket Ciledug (1.500 meter) dikerjakan PT Waskita Karya Tbk, dan Paket Seskoal (1.400 meter) dikerjakan PT Wijaya Karya Tbk.

Busway Layang Seksi Kebayoran Lama Rampung, Ini Penampakannya
Foto: Dok.PTPP

Fadhly Fauzi Rachman – detikFinance

sumber