Work From Office Tanpa Dihantui Rasa Was-was


Work From Office Tanpa Dihantui Rasa Was-was

Di masa transisi menuju new normal, secara perlahan masyarakat khususnya golongan usia muda sudah diminta kembali bekerja di kantor. Meski model bekerja dari rumah atau work from office juga telah menjadi gaya hidup baru, kenyataannya tidak semua bidang pekerjaan memungkinkan untuk bekerja di rumah. Keadaan ini memaksa mereka untuk tetap datang ke kantor dan bekerja sebagaimana biasanya.

Walau kehidupan secara perlahan sudah mulai kembali berdenyut, rasa khawatir terhadap penularan virus corona selalu menghantui. Bagaimana kalangan pekerja bisa tetap produktif bekerja dari kantor secara aman?

 

  1. Selalu Gunakan Masker

Bagi mereka yang beraktivitas di luar ruangan diharuskan untuk selalu menggunakan masker. Masker kain dapat digunakan untuk orang sehat. Masker bedah digunakan untuk tenaga medis dan orang sakit. Sedangkan jenis masker N95 untuk tenaga medis dan orang yang kontak langsung dengan orang yang terinfeksi virus corona. Bagi pengguna masker kain juga harus menyiapkan setidaknya dua atau tiga masker saat aktivitas di luar ruangan. Hal ini mengingat waktu pemakaian masker kain yang disarankan adalah maksimal empat jam.

 

  1. Siapkan Perlengkapan Cuci Tangan

Siap sedia cairan pencuci tangan (hand sanitizer) dalam tas atau pouch khusus. Jika memungkinkan siapkan juga sabun cair dalam wadah kecil. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir minimal 20 detik sejauh ini menjadi cara paling efektif untuk membunuh bakteri dan virus.

 

  1. Bawa Peralatan Makan Sendiri

Demi membuat diri sendiri dan orang lain aman dan nyaman, ada baiknya membawa alat-alat makan sendiri di tempat kerja. Seperti piring, sendok, garpu, sedotan, gelas dan berbagai peralatan lainnya. Dengan menggunakan peralatan milik sendiri akan mengurangi risiko menyentuh atau berbagi pakai dengan orang lain dari satu tempat.

 

  1. Pastikan Area Kerja Selalu Bersih

Setiap ada benda dari luar yang mungkin menjadi tempat menempelnya virus, pastikan barang tersebut berada jauh dari meja kerja. Lakukan juga penyemprotan atau pembersihan dengan disinfektan secara rutin di area-area yang disentuh tangan orang lain seperti gagang pintu, dan keyboard serta mouse komputer.

 

  1. Perhatikan Etika Meludah, Batuk, dan Bersin

Ketika batuk, bersin, dan meludah selalu perhatikan etikanya, yakni tutup seluruh hidung dan mulut dengan tisu. Tisu tersebut segera dimasukkan ke dalam kantong plastik sebelum dibuang di tempat sampah. Namun, yang lebih penting, jika merasa tubuh dalam kondisi tidak cukup prima, sebaiknya minta izin untuk bekerja dari rumah.

Dengan menerapkan aturan serta kebiasaan ini, akan membuat kita dapat produktif ketika bekerja di kantor. Sikap peduli menerapkan protokol kesehatan di lingkungan kerja tidak hanya menunjukkan kita peduli pada diri sendiri, namun juga peduli rekan kerja. (PHS/DP)