6 langkah praktis untuk Cara Merawat Tumbuhan di Apartemen


6 langkah praktis untuk Cara Merawat Tumbuhan di Apartemen

Merawat tumbuhan di apartemen memang membawa tantangan tersendiri. Bahkan ketika Anda merasa sudah merawatnya dengan maksimal, tumbuhan-tumbuhan Anda tetap layu. Apabila Anda memang menyukai tanaman dan merasa kesulitan untuk merawatnya di apartemen, hari ini ada 6 langkah praktis untuk menjaga tanaman Anda tetap hidup.

  1. Analisa tingkat kelembaban apartemen Anda

Merawat tumbuhan dalam ruangan (indoor) membutuhkan konsistensi dalam tingkat kelembaban. Karena itu, Anda harus mengenal tingkat kelembaban ruangan Anda untuk mengetahui tanaman yang paling sesuai untuk ruangan tersebut.

  1. Hindari terlalu banyak air atau terlalu kering

Akar tumbuhan Anda akan mulai membusuk apabila terkena terlalu banyak air atau terlalu kering. Batu dan produk pengering lainnya akan membantu keseimbangan untuk kadar air pada tumbuhan Anda. Pada musim hujan, Anda boleh membiarkan tanah tumbuhan Anda agak kering agar tumbuhan Anda bisa bertahan.

  1. Biarkan tumbuhan Anda terkena cahaya

Sepentingnya air pada tumbuhan, cahaya pun sama pentingnya bagi kelangsungan hidup tumbuhan. Anda dapat menaruh tumbuhan Anda pada tempat-tempat yang terkena cahaya matahari natural. Apabila memang apartemen Anda tidak terkena cahaya natural, mungkin tumbuhan dalam ruangan bukanlah pilihan yang tepat untuk Anda.

Perlu diingat bahwa ada beberapa tumbuhan dalam ruangan yang membutuhkan paparan sinar matahari langsung, sinar matahari parsial, atau bayangan sinar matahari.

  1. Berikan pupuk dan hama

Memberikan banyak pupuk akan menyuburkan tumbuhan Anda, tetapi jika terlalu banyak, Anda harus mengganti potnya dan akan menarik banyak serangga pada musim panas. Umumnya, Anda dapat memberikan pupuk larut pada masa pertumbuhan, khususnya pada musim panas.

  1. Pilih tumbuhan yang tepat

Anda dapat memilih tumbuhan yang tidak membutuhkan banyak perawatan seperti lidah buaya,succulents, dan kaktus.

  1. Jangan terlalu sering memindahkan tumbuhan Anda

Anda mungkin ingin mendekorasi ruangan apartemen Anda dengan tumbuhan, tetapi perlu diingat bahwa tumbuhan lebih baik tinggal di satu tempat saja. Ketika Anda sudah menemukan tempat yang tepat dengan sinar matahari yang cukup untuk tumbuhan Anda, jangan dipindahkan karena dapat mengakibatkan fase traumatis pada tumbuhan Anda.